Home Berita LIVE IG @tribakti.P3LP oleh Bidang Laboratorium dan Layanan Psikologi P3LP IAI Tribakti...

LIVE IG @tribakti.P3LP oleh Bidang Laboratorium dan Layanan Psikologi P3LP IAI Tribakti Kediri

17 views
0
SHARE

*LIVE IG @tribakti.P3LP oleh Bidang Laboratorium dan Layanan Psikologi P3LP IAI Tribakti Kediri*

Pusat Pengembangan Penelitian dan Layanan Psikologi (P3LP) Tribakti setiap bulannya rutin mengadakan live IG yang dilakukan melalui akun instagram resmi @P3LP.tribakti kali ini dengan tema “Bahaya Self Diagnose untuk Kesehatan Mental” pada Minggu (20/03/2022).

Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas tentang ilmu psikologi. Adapun tujuan kegiatan ini secara khusus ialah untuk menyampaikan kepada masyarakat luas tentang bahaya self diagnose untuk kesehatan mental, dimana dampak dari self diagnose tersebut dapat mengganggu mental seseorang. Adapun narasumber dalam kegiatan ini ialah Beti Malia Rahma Hidayati, M.Psi., Psikolog yang merupakan dosen Prodi Psikologi Fakultas Dakwah sekaligus Ketua Laboratorium dan Layanan Psikologi P3LP IAI Tribakti Kediri. Kegiatan ini diikuti dan dilihat oleh masyarakat yang tertarik dengan pembahasan ini dengan tema Bahaya Self Diagnose untuk kesehatan mental melalui live dan siaran ulang di akun Instagram.

Beti Malia Rahma Hidayati,M. Psi., psikolog menjelaskan bahwa bahaya self diagnose bisa berdampak pada fisik dan mental, dimana seseorang yang mendiagnosa dirinya dengan diagnosa yang salah, memungkinkan menjadi khawatir berlebihan atau malah menyepelekan. Hal tersebut bisa membuat prognosis dan pengobatan yang tidak tepat, itulah salah satu bahaya self diagnose.

Tidak bisa kita pungkiri hampir semua orang pernah melakukan self diagnose dan telah disampaikan dengan gamblang tentang cara mencegah hal tersebut. Jika merasa memilik gejala penyakit tertentu, disarankan menanyakan pada ahlinya yaitu kepada dokter atau psikolog, agar dengan segera bisa mengetahui diagnosa yang tepat.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan mahasiswa/i dan masyarakat luas bisa mengetahui tentang bahaya self diagnose untuk kesehatan mental. Mulai aware dengan kondisi mental dan mengambil langkah yang bijak dan benar dalam kehidupan.