Home Berita Dekan Fakultas Dakwah IAI Tribakti Kediri menghadiri FORDAKOM PTN se-Indonedia

Dekan Fakultas Dakwah IAI Tribakti Kediri menghadiri FORDAKOM PTN se-Indonedia

11 views
0
SHARE

Forum Dekan Dakwah dan Komunikasi (FORDAKOM) Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia mengadakan Pertemuan Forum Dekan Dakwah dan Komunikasi Indonesia yang bertempat di UIN PROF. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto pada hari Kamis s.d Sabtu, 23-25 September 2021. Turut berpartisipasi juga dekan Fakultas Dakwah IAI Tribakti Kediri dalam forum tersebut.

Selain sebagai ajang silaturahim, pada pertemuan ini juga banyak hal yang didiskusikan, diantaranya adalah implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang didalamnya mengatur kebijakan tentang merdeka belajar dan kampus merdeka. Dalam pertemuan ini diharapkan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dapat memberikan dukungan dan fasilitasi anggaran untuk implementasi kebijakan merdeka belajar dan kampus merdeka khususnya di Fakultas Dakwah dan Komunikasi PTKI se-Indonesia. Pada pertemuan ini juga membahas bagaimana implementasi dari kebijakan tersebut oleh dekan-dekan selaku pimpinan pada institusi masing-masing.

Pada pertemuan ini juga membahas adanya berbagai kendala yang dihadapi oleh lulusan Fakultas Dakwah dan Komunikasi PTKI se-Indonesia di dalam mengisi lowongan pekerjaan di instansi pemerintah maupun swasta. Akibat tidak relevannya antara disiplin keilmuan dan gelar kesarjanaannya, maka pada forum dekanat dakwah dan komunikasi mengusulkan agar nomenklatur gelar kesarjanaan yang ada di Peraturan Menteri Agama RI No. 38 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 33 Tahun 2016 tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan ditinjau ulang dan disesuaikan antara gelar dengan disiplin dan kompetensi keilmuan program studi.

Untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi PTKI se-Indonesia, maka perlu diadakan lomba/festival tingkat Nasional yang berkarakter dakwah dan komunikasi dibawah koordinasi FORDAKOM PTKI se-Indonesia. Untuk itulah, Fakultas memberikan dukungan dan fasilitasi dalam mensukseskan kegiatan festival/lomba tingkat nasional.

Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran dan budaya akademik di Fakultas dan Komunikasi PTKI se-Indonesia, maka fakultas memfasilitasi adanya Kerjasama penelitian, pengabdian pada masyarakat, publikasi, dan temu ilmiah bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi PTKI se-Indonesia. Pertemuan ini juga dinilai sangat strategis karena menginisiasi adanya Pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi Tingkat Pertama. Dalam mendirikan LSP Tingkat Pertama ini, Fakultas dapat Menyusun skema kompetensi yang sesuai dengan okupasi yang ada dalam SKKNI yang dikeluarkan oleh kementerian tenaga kerja, kementerian kominfo, dan kementerian social, seperti Pekerja Sosial,  Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat, Public Relation officer, Trainer/Instruktur, dan Rohaniawan Rumah sakit atau dapat Menyusun skema kompetensi khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi prodi atau oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi PTKI se-Indonesia.