Home Berita Pelatihan alat tes PAPIKOSTIK oleh Laboratorium dan Layanan Psikologi P3LP IAI Tribakti...

Pelatihan alat tes PAPIKOSTIK oleh Laboratorium dan Layanan Psikologi P3LP IAI Tribakti Kediri

9 views
0
SHARE

Seiring berjalannya pandemi yang tidak  kunjung berakhir ini, mengakibatkan kuliah daring menjadi jalan satu satunya untuk melanjutkan pendidikan. Tak heran kuliah daring pun tak seoptimal kuliah luring, dan banyak diantara mahasiswa merasa tidak mendapatkan ilmu secara maksimal dengan kuliah online (daring) ini. Maka dari itu P3LP memberi alternatif bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa psikologi untuk memahami pengetahuan mengenai alat tes secara optimal dengan mengadakan pelatihan alat tes psikologi yang rutin dilaksanakan setiap bulan.

Pelatihan kali ini dihadiri oleh Ketua P3LP, Ketua Laboratorium dan Layanan Psikologi, Asisten Laboratorium dan dihadiri kurang lebih 30 mahasiswa yang berasal dari Insitut Agama Islam Tribakti Kediri (IAIT) dan Mahasiswa Psikologi diluar IAIT. Pelatihan ini diadakan pada hari Kamis 9 September 2021 jam 10.00-12.00 WIB dengan menggunakan media Google Meet.

Pelatihan kali ini membedah alat tes Papi Kostik. Alat tes Papikostik bertujuan untuk mengukur  role dan need individu dalam kaitannya dengan situasi kerja dan tidak menganalisa aspek kepribadian secara mendalam, namun mengungkap cara-cara yang disukai seseorang dalam bekerja dan menyesuaikan diri dalam sebuah organisasi.

Tes Papi Kostick salah satu alat yang sudah sangat familiar dalam dunia HRD untuk rekrutmen, seleksi, promosi, profiling, maupun mutasi. Role dan need yang diukur dikelompokkan kedalam 7 kategori, yang menggambarkan dinamika kepribadian karyawan.

Jadi selain mendapat khazanah keilmuan tentang berbagai macam alat tes, mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini juga mendapat pengetahuan tentang tes yang digunakan dalam ruang lingkup situasi kerja. Dalam pelatihan alat tes ini, setidaknya mahasiswa paham point point utama dalam situasi kerja, jadi ketika terjun ke dunia kerja mereka sudah mempunyai bekal.

Pelatihan alat tes psikologi kali ini pun cukup menarik karena dimeriahkan dengan Giveaway yang disponsori oleh salah satu Asisten Laboratorium Psikologi P3LP, jadi mahasiswa yang mengikuti alat tes ini pun lebih antusias untuk mengikuti pelatihan sampai selesai. Diakhir acara peserta berlomba-lomba dalam memenangkan Giveaway tersebut, dan dimenangkan 3 orang peserta.