Home Berita Menambah skill mahasiswa Psikologi melalui Pelatihan alat tes: WISC

Menambah skill mahasiswa Psikologi melalui Pelatihan alat tes: WISC

11 views
0
SHARE

Laboratorium dan Layanan Psikologi P3LP IAIT Kediri kembali berbagi pengetahuan dan keahlian asesmen psikologi, yaitu tes intelegensi khusus untuk mahasiswa S1 Psikologi Islam Fakultas Dakwah IAI Tribakti Kediri.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan yang semakin maju dan pesat, ilmu dalam bidang psikologi juga turut berkembang. Perkembangan dalam ilmu psikologi memberi pengaruh besar bagi masyarakat terutama dalam penggunaan tes psikologi. Saat ini tes psikologi sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan seperti bidang pendidikan, klinis, sosial, maupun bidang industri.

Kaplan dan Saccuzzo (dalam Rahmadani, 2019) mengemukakan bahwa tes psikologi merupakan tes yang terdiri dari seperangkat aitem serta dirancang untuk mengukur dan memberikan informasi mengenai karakteristik dari individu yang berhubungan dengan perilaku. Penggunaan alat tes psikologi yang populer dalam masyarakat salah satunya adalah tes inteligensi.

Tes intelegensi mengukur kecakapan potensial yang bersifat umum. Kecakapan ini berkenaan dengan kemampuan untuk memahami, menganalisis, memecahkan masalah dan mengembangkan sesuatu dengan menggunakan rasio atau pemikirannya.

Salah satu alat ukur inteligensi yang banyak digunakan di Indonesia adalah WISC. Alat ukur ini diperkenalkan pertama kali oleh Dr. Weschler. Seperti namanya yang terdapat kata children, alat tes ini diperuntukkan bagi anak berusia 6-16 tahun (Untuk usia diatasnya ada alat tes WAIS).

Senin, 26 Juli 2021 via Google Meet, Pukul: 10:00 – 12:00 WIB bidang Laboratorium dan Layanan Psikologi menghadirkan narasumber yang handal yaitu Ika Novita Sari M. Psi, Psikolog. Beliau adalah dosen di Prodi Psikologi Islam.

Kegiatan ini merupakan pelatihan rutin yang diselenggarakan oleh bidang Laboratorium dan Layanan Psikologi P3LP dengan tim pelaksana dari Asisten Laboratorium Psikologi. Tujuan dari pelatihan rutin ini adalah untuk memfasilitasi mahasiswa psikologi dalam proses pengembangan diri, keterampilan dan juga pengetahuan.

Pelatihan ini Alhamdulillah berjalan lancar, interaktif dan peserta pun sangat antusias. Tidak hanya sekedar mempelajari sejarah dan teori, namun juga peserta juga belajar untuk melakukan administrasi dan skoring tes. Dari sini peserta bisa menambah skill administrasi tes WISC (Wechsler  Intellegence Scale for Children).