Home Berita Geluti Literasi Sejarah, Dosen Fakultas Dakwah Jadi Juri National Writing Competition

Geluti Literasi Sejarah, Dosen Fakultas Dakwah Jadi Juri National Writing Competition

14 views
0
SHARE

Kediri – English Massive (EMAS) adalah sebuah program kursus bahasa Inggris gratis yang dikelola Dinas Pendidikan Pemkot Kediri baru saja menggelar acara yang bertajuk Competition in English Massive (COIN EMAS 2021). Dari sekian kegiatan yang digelar salah satunya ada lomba National Writing Competition tentang sejarah Kediri.

Dalam kegiatan ini panitia COIN EMAS 2021 mendatangkan peneliti sejarah Kediri Imam Mubarok atau biasa dipanggil Gus Barok sebagai juri. Gus Barok adalah dosen Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam IAI Tribakti Lirboyo Kediri.

Lomba dalam kegiatan bersekala nasional ini tidak hanya national writing competition, tapi ada yang lain antara lain tiktok video challege, national english olympiad, spelling bee competition, fun reading dan individual competition.

“Ajang COIN EMAS ini keren, bagaimana tidak gerakan literasi yang dilakukan English Massive ini benar-benar menjadi sarana menggugah kesadaran dan pentingnya menguasai bahasa Internasional yakni Bahasa Inggris. Ada pepatah mengatakan “Barang siapa mengenal bahasa suatu kaum, maka akan terlepas dari tipu daya kaum itu dan itu benar,” kata Gus Barok panggilan akrab Imam Mubarok.

Dalam COIN EMAS National Writing Competition panitia sengaja mengambil tema tentang literasi sejarah Kediri dan juri yang ditunjuk adalah Imam Mubarok, ”Saya bangga dengan panitia dengan mengambil tema sejarah dan generasi muda saat ini sangat sedikit menatnya ke sejarah nenek moyang. Cara menghancurkan sebuah bangsa ada tiga langkah. Pertama kaburkan sejarah, kedua hapuskan sejarahnya dan ketiga putuskan hubungan mereka dengan nenek moyangnya, dan saat ini sedang berlangsung. Pesan saya untuk belajar sejarah harus mengedepankan riset tidak asal comot dari google,” pungkas Gus Barok. (***)