Home Berita Laboratorium Psikologi IAIT Kediri selenggarakan pelatihan alat tes season 2

Laboratorium Psikologi IAIT Kediri selenggarakan pelatihan alat tes season 2

8 views
0
SHARE

Pusat Pengembangan dan layanan Psikologi (P3LP) Tribakti memiliki sasaran program pengembangan dalam bidang kajian, penelitian dan  laboratorium psikologi yang memberikan layanan psikologi berupa asesmen psikodiagnostik bagi masyarakat, akademik baik mahasiswa,  maupun masyarakat umum. Dalam rangka pengembangan keilmuan psikologi bidang asesmen psikodiagnostik laboratorium psikologi memiliki program pelatihan alat tes psikologi yang dilaksanakan rutin setiap  bulan bagi mahasiswa psikologi. Pada season 2 ini diselenggarakan pelatihan alat tes Colours Progresif Matrices (CPM) pada hari Ahad, 28 Maret 2021 Jam 09.00-12.00 di gedung aula Mahrus Aly IAIT Kediri yang diikuti oleh 25 mahasiswa psikologi tribakti dan  sebagian berasal dari jurusan psikologi kampus sekitar.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan pengetahuan khususnya kepada mahasiswa psikologi tentang beberapa alat ukur psikologi sebagai alat asesmen psikodiagnostik terhadap kasus-kasus psikologi  termasuk pengukuran kapasitas  inteligensi.

Tes Colours Progresif Matrices (CPM) merupakan salah satu alat tes  untuk mengukur inteligensi umum, dimana CPM dapat mendiskripsikan kemampuan abstrak atau pemahaman non verbal. CPM dikeluarkan pada tahun 1938 oleh Jhon C,Raven, tes CPM dirancang untuk dipergunakan mengurkur taraf kecerdasan bagi anak usia 5-11 tahun dan subyek cacat jasmani ataupun kapasitas intelektual dibawah rata-rata serta sejumlah orang tua tertentu untuk kepentingan klinis. Hasil tes bertujuan untuk menjelaskan kesenjangan antara kapasitas seseorang anak untuk berfikir produktif dan kemampuan mereka merecall informasi.

Dengan diadakan pelatihan tersebut diharapkan mahasiswa psikologi tidak hanya menguasai secara teori-teori psikologi  tetapi  juga memiliki  pengetahuan dan keterampilan tentang alat tes psikologi.