Home Berita Sosialisasi: Memperkenalkan Fakultas Dakwah IAIT Kediri kepada calon mahasiswa di sekitar Kediri

Sosialisasi: Memperkenalkan Fakultas Dakwah IAIT Kediri kepada calon mahasiswa di sekitar Kediri

24 views
0
SHARE
Sosialisasi di Madrasah Aliyah Al Manar Prambon Nganjuk

Salah satu kegiatan di Fakultas Dakwah IAIT Lirboyo Kediri yang mendapat perhatian khusus adalah sosialisasi penerimaan mahasiswa baru.  Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan sejumlah program yang diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah, yang saat ini sedang tumbuh secara pesat. Di samping itu juga mensosialisasikan visi dan misi lembaga.

Visi Fakultas Dakwah yang perlu diketahui masyarakat adalah bahwa Fakultas Dakwah memimpikan terwujudnya integrasi keilmuan, keislaman dan keindonesiaan dalam mendukung profesionalisme dakwah. Visi ini memberikan pengertian bahwa Fakultas Dakwah kedepan menjadi pusat studi bagi siapa saja yang menginginkan ilmu pengetahuan dakwah secara integratif. Tidak hanya pola dakwah yang merujuk pada sumber-sumber yang qat’i dari Nash, namun juga pola dakwah yang secara luas mencakup berbagai pendekatan. Diantaranya pendekatan intelektul, pendekatan humanis, dan pendekatan teknologis. Sehingga para da’i mendapat modal dakwah secara lengkap yang melengkapi skil dakwah mereka secara profesional.

Sementara yang menjadi misi Fakultas Dakwah adalah 1) Menciptakan pembelajaran yang berkualitas, akuntabel untuk mencapai kompetensi program studi, 2) Mengembangkan keilmuan melalui penelitian dalam bidang dakwah, 3) Menjalankan peran serta dalam pengabdian masyarakat dalam aktifitas dakwah, dan  4) Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dibidang dakwah.

Dari misi Fakultas Dakwah di atas dapat dipahami bahwa Fakultas Dakwah bergerak untuk mewujudkan lembaga dakwah yang berangkat dari 4 komponen. Hal ini memerlukan kerja keras dari berbagai komponen dan stakholder baik internal maupun eksternal.  Untuk komponen eksternal maka diperlukan kerjasama (MoU) dengan berbagai lembaga, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk kerjasama (MoU) dalam negeri, Fakultas Dakwah sangat memperhatikan lembaga pendidikan formal dan non formal seperti pondok pesantren. Sejumlah Pondok Pesantren diajak kerjasama untuk bersama-sama membekali ilmu pengetahuan dakwah secara profesional dengan cara para santri dan ustadz-ustadzahnya kuliah di Fakultas Dakwah. Mereka diberi kebebasan untuk memilih program studi sesuai minat mereka. Ada dua program studi yang bisa dipilih yaitu Psikologi Islam (PI) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Adapun profil lulusan Fakultas Dakwah, Prodi Psikologi Islam (PI) yaitu: 1) Menjadi guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah, Pendidik Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidik anak usia dini pada jalur formal dan non formal yang memiliki kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik dan sosial berdasarkan nilai-nilai keislaman. 2) Menjadi Konselor Islam dalam keluarga, masyarakat, rumah sakit, panti sosial, panti rehabilitasi sosial, rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan. Menjadi konselor Islam dalam keluarga, masyarakat, rumah sakit, panti sosial, panti rehabilitasi sosial, rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan. 3) Menjadi Pendamping Psikolog sesuai dengan kompetensinya pada asesmen, intervensi yang sifatnya non klinis, mengadministrasikan tes sesuai dengan kewenangannya. 4) Membantu  peneliti utama dalam melakukan berbagai penelitian ilmiah. 5) Menjadi wirausaha yang mandiri, mengembangkan dan memanfaatkan peluang-peluang usaha mampu memanfaatkan peluang-peluang usaha dalam globalisasi teknologi.

Profil lulusan prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang melengkapi skill, diantaranya yaitu 1) Menjadi sarjana yang ahli bidang komunikasi dan dakwah Islam serta turut mengembangkan ilmu komunikasi dan dakwah Islam. 2) Menjadi sarjana yang ahli menggunakan prinsip-prinsip ilmu komunikasi dan dakwah Islam. 3) Menjadi sarjana yang ahli dan konsen di bidang jurnalistik atau broadcasting sebagai salah satu jalan untuk menyiarkan Islam melalui media massa. 4) Menjadi wirausahawan yang mandiri, mengembangkan dan memanfaatkan peluang-peluang usaha dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam.

Sosialisasi di MA Sunan Ampel Pare, Madrasah dibawah naungan PP. Tahfidzil Qur’an Syirojul Ulum Pare
Sosialisasi di PP. Hidayatus Shalihin Turus Kediri
Sosialisasi di Madrasah Aliyah Al Khidmah Ngronggot Nganjuk
Sosialisasi di Madrasah Aliyah NU Mojosari Nganjuk
Sosialisasi di MA Al Hidayah Termas Nganjuk