Home Berita Wakil Dekan Fakultas Dakwah Bagikan Tips dalam Mendampingi Anak Belajar dari Rumah

Wakil Dekan Fakultas Dakwah Bagikan Tips dalam Mendampingi Anak Belajar dari Rumah

20 views
0
SHARE
Mengabdi bersama HIMPSI Kediri Raya

Jurnalis Dakwah – Minggu, 25 Oktober 2020 tepatnya pukul 16.00 WIB. HIMPSI cabang Kediri Raya melakukan live di instagram dengan mengusung tema “Tetap Waras Mendampingi Anak BPR”, Beti Malia RH, M.Psi., Psikolog Wakil Dekan Fakultas Dakwah IAIT lirboyo  Kediri dan juga pengurus HIMPSI cabang Kediri Raya menjadi pembicara dalam live tersebut.

Dengan banyaknya keluhan para orang tua dalam meghadapi anaknya belajar dari rumah dalam masa pandemi ini, Beti Malia RH, M.Psi., Psikolog membicarakan permasalahan yang ada pada masyarakat, “banyaknya keluhan dari orang tua dalam mendampingi anaknya belajar dari rumah menjadi salah satu alasan kenapa pada live kali ini kami mengusung tema terkait pendampingan anak BPR”, ujar Beti. Beti Malia RH, M.Psi., Psikolog berharap dengan adanya live dengan tema itu, dapat memberikan angin segar kepada masyarakat yang sedang mengalami permasalahan tersebut.

Live dilakukan di lingkungan kampus IAI Tribakti Kediri karena memang jam live waktu itu, ia sedang bersamaan dengan jadwal dinas di Kampus tersebut. Namun hal itu tak menyurutkan semangatnya dalam berbagi kepada masyarakat. Ia memberikan pesan kepada semua orang tua dalam mendampingi anaknya ketika belajar di rumah. Diantaranya; pertama persiapan, orang tua harus mempunyai persiapan dalam mendampingi anaknya kala belajar karna tidak sedikit yang mengeluh ketika mendampingi anaknya, jadi orang tua harus mempunyai persiapan apalagi sekarang dalam masa pandemi;  kedua yakni komunikasi “komunikasi sangatlah penting bagi orang tua yang sedang mendampingi anaknya belajar, baik itu komunikasi dengan anaknya maupun komunikasi dengan gurunya serta memahami cara anak belajar dan cara guru menyampaikan materinya sehingga para orang tua tidak terbebani dalam proses tersebut dan juga orang tua tidak membebankan anaknya ketika belajar”, tegas Beti; terakhir adalah eksekusi, sebaik apapun orang tua melakukan persiapan dan komunikasi apabila eksekusinya kurang maka itu semua, akan sia sia dan akan menjadi beban kepada keduanya, jadi bisa dikatakan eksekusi adalah hal terpenting dalam mendampingi anak setelah melakukan persiapan dan komunikasi.

HIMPSI Kediri Raya adalah himpunan para Psikolog cabang se Kediri Raya, HIMPSI bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang kesehatan psikis mereka, banyaknya masalah psikis yang dihadapi oleh masyarakat Kediri. Beti Malia RH, M.Psi., Psikolog salah satu pengurus HIMPSI Kediri Raya mengatakan banyak masalah psikis (kejiwaan) yang ada pada masyarakat serta kurangnya pengetahuan mereka dalam menghadapinya, menjadikan salah satu latar belakang kami membentuk HIMPSI untuk memberikan angin segar dan pengingat kepada masyarakat, dengan terus membagikan ilmu-ilmu yang kami ketahui untuk menjadikan masyarakat lebih sehat dalam hal kesehatan psikis secara gratis. HIMPSI juga melakukan live dan berbagi ilmu seputar kejiwaan dalam sebulan dua kali dengan kesibukan yang ada pada setiap masing anggota, namun mereka tetap semangat berbagi.

Untuk lebih dalam lagi dan lebih lengkap lagi materinya serta tips-tips menarik seputar ilmu kejiwaan (psikologi) silahkan kunjungi instagram @himpsikediriraya.