Home Seminar & Workshop Psikologi Islam IAI-Tribakti bekerjasama dengan LP Ma’arif NU Kota Kediri menyelengarakan Lomba...

Psikologi Islam IAI-Tribakti bekerjasama dengan LP Ma’arif NU Kota Kediri menyelengarakan Lomba dan Seminar

112 views
0
Seminar: Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus serta Penanganannya

Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Tribakti Kediri bekerjasama dengan LP Ma’arif NU Kota Kediri menyelengarakan acara lomba mewarnai anak usia TK dan seminar Psikologi dengan tema Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus serta Penanganannya pada hari 24-25 Maret 2018.

Lomba mewarnai merupakan bagian dari pra acara seminar, kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 Maret 2018 diikuti sebanyak 25 anak dari perwakilan TK se-Kota dan Kab Kediri serta Nganjuk termasuk TK/PAUD dibawah naungan Muslimat NU. Pada saat lomba mewarnai berlangsung, orang tua dan guru yang mendampingi disediakan layanan konsultasi secara gratis dengan team P3LP yang ada di IAI-Tribakti Kediri.

Pusat Pengembangan Penelitian dan Layanan Psikologi atau P3LP sendiri didirikan sebagai pusat penelitian dan layanan psikologi membuka paket pelatihan psikologi, paket terapi dan konseling, paket psikotes, paket penyuluhan yang ditangani oleh tenaga professional bagi lembaga atau institusi atau perorangan yang membutuhkan layanan psikologi.

Pada hari berikutnya Ahad, 25 Maret 2018 seminar psikologi diselenggarakan di AULA KH. Mahrus Aly dan peserta yang hadir memenuhi ruang AULA sekitar 200 orang berasal dari mahasiswa, guru PAUD kota dan Kabupaten Kediri dan serta para orang tua siswa. Dekan Fakultas Dakwah Drs. Bustomi Mustofa, M.Pd.I menyambut dan membuka acara seminar, juga Ketua LP Ma’arif Kota Kediri Dr. Hamam, M.Pd turut hadir dan memberi sambutan pada acara seremoni pembukaan.

Nasumber yang dihadirkan Bapak Baskoro S.Psi, M.Pd.I (Pembina Yayasan Psikologi Surabaya) dan Uswatun Hasanah M.Psi (Dosen dan Psikolog IAIT Kediri). Tema yang diangkat Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus serta penanganannya dengan maksud menyikapi berbagai permasalahan maupun gangguan psikologis yang sering muncul di lingkungan sekitar anak, terutama hal-hal yang dapat menghambat perkembangan pada anak. Ujar Ketua Prodi Psikologi Wahyu Utami.

Pemateri pertama menjelaskan seputar Intelegensi, ASESMEN/ Deteksi Dini, mengukur area kecerdasan, dan pembentuk Intelegensi (HATE). Sedangkan pemateri kedua, menjelaskan anak usia dini yang berkebutuhan khusus, dan proses tumbuh kembang anak yang dimulai dari proses kehamilan sampai pertumbuhan. Selanjutnya, seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan penampilan hiburan gambus.