Belajar Mandiri dari Gethuk Pisang Kediri

Mahasiswa semester 6 Fakultas Dakwah Program Studi Psikologi Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri Ahad, 08/04/2018 mengadakan kunjungan lapangan kerumah produksi Gethuk Pisang Sumber Madu Mojo Kediri bersama dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan Mentari Marwa, M.A dan didamping Ketua Prodi Psikologi Islam Wahyu Utami, M.Si.

Kunjungan lapangan dilakukan guna menimba ilmu dan pengalaman berharga kepemilik rumah produksi gethuk pisang yaitu pak Sadjiran, selama 7 tahun beliau bekerja kepada tukang gethuk lain sambil menimba ilmu bisnis gethuk pisang sampai mampu membangun rumah produksi gethuk pisang sendiri pada tahun 2010 silam.

Selama 8 tahun perjalanan bisnis beliau, tak sedikit aral merintang entah itu modal awal produksi, sampai naik turun harga bahan baku pun menjadi kisah tersendiri untuk memandirikan loyalitas harga produk. Cara menghadapai persaingan bisnis gethuk juga menjadi pengalaman menarik pak Sadjiran yang dibagikan kepada para mahasiswa. Kendala yang dihadapi tak menyulut beliau untuk menutup bisnisnya terbukti sampai sekarang gethuk pisang beliau tatap eksis di pasaran dengan merk “Sumber Madu” dan memiliki 7 karyawan, serta omset Rp. 20.000.000/bulan, bahkan kala di hari raya bisa mencapai Rp. 50.000.000.

Dalam obrolan santai, mahasiswapun melontarkan berbagai pertanyaan seputar usaha yang ditekuni pak Sadjirah, dan beliau dapat menjawab dengan baik, ada pertanyaan dari mahasiswi (Anazhiroh) “Bapak, kok gethuk pisang bapak masih eksis ya, walau sudah 8 tahun dan banyak persaingan? Apa ada kiat-kiat tertentu pak?” “Kulo mboten saget maringi ngilmu, yo sing penting telaten, kerja keras, njih telaten mbak” tutur pak Sadjiran. (saya tidak bisa memberikan ilmu, yang penting telaten, kerja keras, ya telaten mbak!). Acara kunjungan diakhiri dengan serah terima sertifikat dan photo bersama. (KangRasun)