Seminar Psikologi Postitif Dalam Konteks MultiKultural

Tersaji dalam bentuk yg sederhana namun tetap berbobot, seminar Fakultas Dakwah Prodi Psikologi Islam kembali hadir disela-sela jadwal perkuliahan yg begitu padat.  Tepatnya pada hari Rabu 16 november 2016 kegiatan yg dimotori oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah ini, mengambil tema besar ” PSIKOLOGI POSITIF DALAM KONTEKS MULTI KULTURAL”.

“Tema ini diambil dalam rangka mengkaji berbagai bentuk keberagaman yg ada di masyarakat  baik itu agama, ras dan suku bangsa ditinjau dalam perspektif psikologi positif agar mahasiswa tahu  bahwa psikologi positif sebagi ilmu, mampu  menjadi solusi berbagai macam problem sosial yg diakibatkan oleh keberagaman ini ” ujar fikri gub BEM DAKWAH.

“Yang tidak kalah penting adalah keberagaman yg merupakan bentuk realitas sosial selalu saja memunculkan berbagai macam persoalan yg  menimbulkan trauma  bagi korban-korbannya. seperti kekerasan bermotif agama, kekerasan karena perbedaan ras, suku kekerasan karena peperangan dan lain sebagainya. dari sinilah psikologi positif  hadir sebagai penyembuh mental para korban kekerasan ini agar mampu melanjutkan hidup kearah yg lebih baik” ujar bapak sunarno sebagai pemateri seminar. seminar ini dihadiri oleh Bapak  Sunarno S.Psi., M.A sebagai pakar ilmu psikologi alumni universitas Gajah Mada sekaligus sebagai pengisi materi.(fkr)

Dokumentasi Kegiatan

   

Rapat Evaluasi dengan Dosen sebagai Tindak Lanjut Audiensi dengan mahasiswa

Pimpinan dan dosen tetap Fakultas Dakwah tepatnya tanggal 24 November 2016 melakukan rapat Evaluasi dengan para dosen sebagai tindak lanjut evaluasi dengan para mahasiswa. Rapat evaluasi dihadiri seluruh pimpinan Fakultas Dakwah termasuk Ketua Prodi. Pada kesempatan ini pimpinan menyampaikan hasil audiensi dengan mahasiswa kepada para Dosen. Dilanjutkan dengan evaluasi perkuliahan semester ganjil 2016/2017, sosialisasi pelaksanaan praktikum mahasiswa serta menentukan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), persiapan akreditasi serta mengadakan dialog interaktif.

Dekan Fakultas Dakwah Drs. Bustomi Musthofa, M.Pd.I berharap dengan adanya kegiatan semacam ini bisa menentukan langkah-langkah progesif guna meningkatkan mutu yang ada di Fakultas dakwah. Untuk mewujudkan itu semua perlu dukungan dan komitmen bersama dari mahasiswa, dosen, TU dan seluruh komponen yang ada. (Fak. Dakwah).

Dosen Fakultas Dakwah Prodi KPI menjadi Anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur mengeluarkan pengumuman Nomor: 160/9284/060/2016 tentang nama-nama 7 (tujuh) anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur masa Jabatan 2016-2019. Pengumuman tersebut dikeluarkan dan ditanda tangai Ketua DPRD Jatim H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd.I

Setelah mengikuti serangkaian uji kepatutan dan kelayakan yang diikuti 18 peserta Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur dari berbagai daerah di Jawa Timur mulai tanggal 13 s/d 15 oktober bertempat di Ruang Rapat Badan Musyawarah DPRD Provinsi Jawa Timur, Amalia Rosyadi Putri, M.Med.Kom Dosen Tetap Fakultas Dakwah Prodi KPI Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri terpilih sebagai anggota KPID Masa Jabatan 2016-2019.

Dengan masuknya beliau menjadi anggota Komisi di KPID Jatim tentu membawa angin segar bagi prodi KPI kedepan bisa menjalin kerjasama dalam berbagai kegiatan dan program yang diselenggarakan KPID Jawa Timur. Kami Segenap keluarga besar Fakultas Dakwah mengucapkan selamat kepada Amalia Rosyadi Putri mudah-mudah bisa melaksanakan visi dan misi KPID serta membawa nama baik Tribakti Khususnya Fakultas Dakwah.Amin. (fak.dakwah)

Sumber: http://kpid-jatimprov.go.id/

Mahasiswa Audiensi dengan Pimpinan Fakultas Dakwah Semester Ganjil 2016/2017

Dalam rangka memperbaiki kinerja dan pelayanan akademik pada semester ganjil tahun akademik 2016/2017, Selasa 22 Nopember 2016 mahasiswa melakukan audiensi atau lebih tepatnya evaluasi bersama dengan jajaran pimpinan yang ada di Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri.

Kegiatan yang berlangsung di gedung Aula Pascasarjana mulai pukul 11.00 – 13.00 Wib, pihak pimpinan Fakultas Dakwah hadir diantaranya Dekan, Drs. Bustomi Musthofa, M.Pd.I; Wakil Dekan I, Dr. A. Jauhar Fuad, M.Pd; Wakil Dekan III M. Arif Khoiruddin, M.Pd.I  dan Prodi Psikologi Islam Dra. Hj. Susiati Alwi, M.Pd. Sedangkan mahasiswa yang hadir hampir 60%  dari Prodi Komunikasi & Penyiaran Islam serta Psikologi Islam.

Acara yang dikemas dalam bentuk dialog interaktif merupakan agenda rutin yang biasa dilakukan di Fakultas Dakwah setiap semester minimal dua kali. Beberapa permasalahan yang dibahas diantaranya sarana dan prasarana, kegiatan kemahasiswaan, kinerja pimpinan dan dosen serta beberapa persoalan lain. Beberapa masukan dari mahasiswa untuk segera merealisasikan laboratorium Psikologi, mengfungsikan kembali studi audio visual, penambahan koleksi perpustakaan, tentang Akreditasi, permasalahan Ijazah dan beberapa keluhan lainnya.

Proses kegiatan ini berjalan dalam suasana kekeluargaan tetapi dalam koridor formal sehingga apa yang menjadi uneg-uneg dan keluhan mahasiswa bisa disampaikan secara langsung dan mendapat respond sekaligus pencerahan dari pimpinan yang ada di Fakultas Dakwah IAIT Kediri. (Fak.Dakwah)

 evaluasi161 evaluasi163
 evaluasi162  evaluasi164

Mahasiswa KPI Observasi Studi Tour ke Radio Andika FM

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri melakukan Observasi Studi Tour ke Radio Andhika FM Kediri pada hari kamis 17 November 2016 didampingi Dosen Pengampu Mata Kuliah Manajemen Media Amalia Rosyadi Putri, M.Med.Kom.

Lokasi Radio andhika FM sendiri berjarak ±1km dari kampus IAI-Tribakti dan setelah sampai di lokasi rombongan mahasiswa Fakultas Dakwah Prodi KPI di sambut dengan hangat oleh kru Radio dan langsung menuju ke tempat diskusi. Hadir dalam acara tersebut Direktur Radio Andhika FM diantaranya Rofik Huda selaku direktur; Andre Susanto selaku progam direktur dan Diki Pramana Kepala HRD.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi direktur Andika FM dan dilanjutkan dengan kegiatan diskusi. Setelah acara selesai mahasiswa dipersilakan menuju ke ruangan Geet Keeper untuk mengamati proses siaran On Air, mahasiswa mengamati sulitnya profesi Geet Keeper yang harus selalu teliti dan cekatan dalam menampung berita dari masyarakat lalu disiarkan oleh penyiar radio. Kemudian dilanjutkan menuju ruang siaran untuk mengamati proses penyiar radio.

Di pengujung ruangan yang dikunjungi adalah ruang editoring progam acara, ruangan ini digunakan untuk pembuatan iklan, progam acara dan juga editoring suara yang akan di siarkan selama masa kontrak atau masa berlaku berlangsung. Kegiatan seperti ini bagi mahasiswa tidak hanya paham dan menguasai mata kuliah manajemen media dan media massa secara teori saja dibangku perkuliahan,akan tetapi bisa mengamatinya secara langsung realitas dilapangan. (habib)

Page 1 of 11