Kiat Sukses menjadi Da’i Profesional

KEDIRI – Untuk menyiapkan calon sarjana yang ahli dibidang dakwah mahasiswa Fakultas Dakwah (FD) menyelenggarakan seminar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu (15/11) pukul 10.00 wib di aula pascasarjana Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri. Seluruh mahasiswa FD mengikutinya dengan penuh semangat.

Pergantian pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah (BEM-FD) IAIT Kediri membawa dampak yang signifikan. Mahasiswa menjadi lebih kreatif tidak ada perbedaan antara mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dengan Psikologi Islam (PI). Seluruh mahasiswa dari kedua prodi ini bisa bekerjasama dengan baik. Hal ini terbukti dengan terlaksananya progam kerja yang sudah dirumuskan. Pengurus BEM-FD telah berhasil menyukseskan sebuah seminar dengan tema “ kiat sukses menjadi da’i profesional”.

Tak tanggung-tanggung seseorang yang ahli dibidang dakwah dihadirkan yaitu Saiful Asyhad, S.H. Beliau menyampaikan metode-metode atau kiat-kiat untuk menjadi da’i dengan penuh semangat. Seluruh mahasiswa terlihat sangat menikmati pemaparan yang telah disampaikan. Salah satu dari kiat-kiat tersebut adalah pentingnya belajar kepribadian. Kepribadian yaitu mengenal dan memahami kondisi kita sendiri. Bagaimana cara berpenampilan agar kita bisa percaya diri dan tidak grogi saat menyampaikan materi dakwah kepada obyek dakwah. dengan memahami diri sendiri kita sebagai pelaku atau subyek dakwah akan mudah melakukan sebuah perencanaan. Agar materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan mad’u nya.

Shodiqul Anam selaku ketua BEM-FD menyatakan bahwa kegiatan ini sangatlah penting bagi mahasiswa. Karena diharapkan seluruh mahasiswa lulusan fakultas dakwah bisa menjadi ahli dakwah yang profesional. Pada hakekatnya seluruh manusia butuh akan dakwah. Mengingat manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Maka peran kita sangatlah dibutuhkan untuk memyampaikan pesan-pesan yang baik kepada sesama. Sekaligus mensyiarkan agama Islam. Karena barang siapa yang mau berdakwah karena Allah swt semata maka Allah akan mencukupi segala kebutuhannya.

Dengan adanya seminar ini Bustomi Mustofa selaku dekan FD sangat berharap seluruh mahasiswa bisa berdakwah. Dalam sambutannya mengatakan mau tidak mau kalian akan terjun ke masyarakat. Karena sudah banyak kita jumpai kemaksiatan yang merajalela dimana-mana. Dan ini menjadi tanggung jawab kita semua.Dengan adanya pembekalan atau kegiatan seperti ini mahasiswa khususnya FD IAIT Kediri bisa menjadi pelopor dakwah. Minimal untuk daerah lingkungannya sendiri-sendiri.(alf/FD)

Foto-foto: Selengkapnya klik sini

Â
Page 1 of 11