Pembukaan Praktikum dan Pengabdian Masyarakat

Sabtu, 11 Januari 2014 Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri menyelenggarakan acara pembukaan Praktikum dan Pengabdian Masyarakat (P2M) tepatnya di Musholla Al-Hidayah Jl. Terusan Mayor Bismo Gg. Makam Kelurahan Semampir Kota Kediri bersebelahan dengan tempat lokalisasi.

Acara pembukaan dimulai pada pukul 09.30 Wib yang dihadiri Bapak Rektor, pimpinan fakultas dakwah dan tokoh masyarakat disekitar daerah tersebut. Dalam sambutan Dekan Fakultas Dakwah Drs. Bustomi Mustofa, M.Pd.I beliau menyampaikan bahwa program P2M ini adalah salah satu bentuk kegiatan pendidikan yang di dalamnya terintegrasi unsur-unsur Tri Dahrma Perguruan Tinggi, yaitu; Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat. Salah satu program penunjang kredebilitas kemampuan mahasiswa yang langsung terjun di wilayah pemukiman barak penampungan, panti Asuhan yatim piatu kelurahan semampir kota Kediri, dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan agar mahasiswa turut serta dalam pengembangan pengetahuan agama yang ada diwilayah tersebut karena dipandang perlu, dengan harapan dapat merubah wajah yang lebih baik di kemudian hari.

Selain pimpinan lembaga institusi dan fakultas, dalam sambutan juga terlibat tokoh masyarakat yang menjadi penopang agama di tempat tersebut, dakwah di sini seperti halnya mic yang saya pegang ini, ranau dan penuh duri, namun saya telateni saja nanti akan ada hikmahnya (Ujar Ustadz Agus) yang dalam kesempatan sambutan berdurasi hanya 10 menit kemarin sambil berkaca-kaca wajahnya karena mengingat akan getirya perjuangan nya. Demikian juga KH. Abdulloh Kafabihi Mahrus (Rektor IAIT) “seseorang yang berdakwah di jalan oleh Allah dan ikhlas, tiada atsar atau imbalan kecuali dari Nya”.

Dalam kegiatan P2M yang dilaksanakan pada 11-25 januari 2014 ini, mahasiswa diharapkan mempunyai peran penting dan andil besar dalam praktik dan pengembangannya, karena sudah saatnya ilmu yang di dapat dikampus diaplikasikan kepada masyarakat. Selain dari pada itu peserta P2M juga diharapkan memberikan sumbangsihnya baik dalam pembinaan keagamaan maupun kegiatan sosial ekonomi ditempat praktikum tersebut. (Dwi).

Foto-foto Acara Pembukaan silakan klik disini

Pembekalan P2M (Praktikum dan Pengabdian pada Masyarakat)

(02/01/2014). Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri menyelenggarakan acara Pembekalan Praktikum dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M). Program ini merupakan bagian dari Kurikulum Lokal (kurlok) Fakultas Dakwah yang wajib diikuti oleh mahasiswa baik dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) maupun Psikologi Islam.

Untuk peserta P2M adalah mahasiswa Fakultas Dakwah yang telah memenuhi persyaratan administrasi akademik telah memperoleh 100 sks. Sedangkan lokasi praktikum kali ini ditempatkan di Kelurahan Semampir Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tepatnya di daerah sekitar lokalisasi. Tempat ini sengaja dipilih karena merupakaan salah satu daerah binaan Kampus Tribakti, disana terdapat Musholla, TPQ, Panti Asuhan anak yatim dan barak penampungan yang memang membutuhkan pembinaan secara intensif dan berkala khususnya dalam bidang sosial keagamaan maupun ekonomi.

Dalam acara pembekalan peserta diberikan pengetahuan dasar tentang latar belakang dan arah praktikum, kondisi masyarakat di sekitar lokalisasi, menyiapkan kondisi mental dan konsepsional untuk terjun ke lapangan, bagaimana membuat program-programÂÂÂ kegiatan serta teknik-teknik pengumpulan data dan pelaporan.

Untuk pelaksanaan praktikum sendiri dilaksanakan pada tanggal 11- 25 Januari 2014 setelah Ujian Akhir Semester (UAS). Harapan dari pembekalan ini mahasiswa peserta praktikum tidak mengalami kendala yang berarti ketika berada dilokasi, juga kegiatan-kegiatan yang direncanakan bisa berjalan lancar sesuai dengan tujuan program praktikum itu sendiri yaitu mengembangkan dan penerapkan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa selama belajar di Perguruan Tinggi dalam bentuk pengalaman nyata ditengah-tengah masyarakat.

 

Page 1 of 11