Dakwah Berkibar II “Technical Meeting NEWS PRESENTER COMPETITION”

Setelah tahun lalu mengadakan event perdana Dakwah Berkibar I, kini prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah akan menyelenggarakan Event Dakwah Berkibar II yang bertema “Berkarya untuk Bangsa” pada tanggal 16 s/d 18 Maret 2017. Serangkaian event akan diselenggarakan seperti Photography Competition, News Presenter Competition dan Public Speaking serta Seminar Nasional.

Selasa tepatnya tanggal 14 Maret 2017, Team event mengadakan Technical Meeting Audisi News Presenter yang dihadiri oleh perwakilan tingkat pelajar SMA, SMK maupun MA se-Jawa Timur. Hasil TM (Technical Meeting), event tersebut akan diikuti 70 peserta delegasi dari sekolah masing-masing. diantaranya dari SMKN 5 Jember, SMKN 3 Batu, SMKN 1 Trenggalek, SMKN 1 Jombang, SMKN 1 Boyolangu, SMK PGRI 3 Malang, SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, SMAN 4 Blitar dan seluruh instansi yang ada di-Kediri dan sekitarnya.

Dengan diadakannya event ini, harapan besar para remaja mampu berkarya demi bangsa, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh saudara Moh. Fikri Abdillah salah satu mahasiswa KPI semester 4 yang menjabat selaku Ketua Team Dakwah Berkibar 2 “Kita adalah anak bangsa, sesuai dengan tema kita berkarya untuk bangsa melalui News Presenter Competition KPI IAIT Kediri”.
Sebagai penutup agenda TM, ketua dakwah berkibar bertanya “Apakah kalian siap untuk berkompetisi!”. Para peserta menjawab “Siap..!!!”. Dengan semangat kompetisi yang membara dari para peserta TM.

Langkah kaki KPI Tribakti dalam Kejayaan FORKOMNAS

FORKOMNAS (Forum Komunikasi Nasional) adalah sebuah forum yang diikuti oleh berbagai PTAIN dan PTAIS di seluruh Indonesia yang telah dibagi menjadi beberapa wilayah. Siwilayah 1 terdiri dari IAI Tribakti Kediri, STAIN Kediri, UNHASY Jombang, IAINJ Probolinggo, INKAFA Gresik, INSURI Ponorogo, STAIN Ponorogo, IAIDA Banyuwangi, IDIA AL-AMIN Madura, IAIH NW Pancor, IAI Situbondo, IAI Ibrahimy Arsit, IAIN Mataram, IAIN Jember, IAI Tulungagung dan masih banyak yang lainya.

Setelah diadakanya MUSKERWIL di IAIDA Banyuwangi pada tanggal 02-06 April 2016, dilanjutkan RAKERWIL di UNHASY Jombang pada tanggal 23-25 September 2016, yang kali ini dibuka oleh Kepala Dekan Dakwah KPI UNHASY jombang pada jam 09.00 WIB. Forkomnas kali ini membawakan tema STORY MAKING AND STORY TELLING, Workshop yang membahas tentang bagaimana cara kita membuat sebuah cerita dan menceritakan hasil cerita kita, karena hasil cerita dan menceritaknya adalah 2 hal yang sangat berpengaruh pada kualitas cerita yang telah kita buat.

Workshop ini lebih mentitik fokuskan pada Cinematography yang langsung dipimpin oleh GUGUN EKALAYA (Wlingwood film maker, finalis festival sinema perancis). Banyak ilmu yang telah beliau bagikan kepada sahabat Forkomnas KPI kali ini, terutama dari sahabat TRIBAKTI sendiri yang saat itu ikut bergabung pada Forkomnas kali ini.

Kebersamaan yang membuat kami kuat dan selalu semangat dalam memajukan KPI di NUSANTARA umumnya, dan di Wilyah satu khusunya. KPI Tribakti bukan hanya terkenal di Intern Kampus, namun KPI Tribakti mampu menuliskan daftarNya kedalam sebuah forum nasional yang bisa disebut FORKOMNAS.

Dakwah Berkibar: Menggelar Lomba Presenter dan Workshop Event Organizer

Fakultas Dakwah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Tribakti sukses menggelar Event Dakwah Berkibar.  Event tersebut merupakan realisasi mata kuliah Event Organizer. Amalia Rosyadi, M.Med.Kom sebagai dosen pengampu mata kuliah mengatakan “setiap tahun akan ada Event sebagai realisasi dari mata kuliah ini. Akan ada Dakwah Berkibar 1, 2, 3 dan seterusnya.”

Dakwah Berkibar mengusung agenda lomba presenter dan workshop Event Organizer. Untuk lomba presenter sendiri dilaksanakan sejak tanggal 14 april 2016 yang diikuti oleh puluhan siswa SMA/SMK sederajat  se Kota/Kab. Kediri dan Nganjuk. Dan akhirnya terpilih juara dalam lomba presenter tersebut Juara 1 diraih oleh Icha Faizatur Rosyida siswi SMA 3 Kediri, juara 2 Shilvia Fitriawati dari SMKN 2 Kediri, juara 3 Devi Kumalasari dari SMKN Al Huda dan juara harapan Halimatul Aziza dari MA Al Huda. Kompetisi tingkat Kota Kediri ini menghadirkan dewan juri berkompeten di antaranya Adnan Raharja dari Radio Andika FM dan Amalia Rosyadi Putri Dosen KPI juga mantan penyiar Radio Andika FM Kediri.

Acara puncak Dakwah Berkibar diselenggarakan pada hari sabtu 16 april 2016 mulai pukul 07.00 pagi hingga 13.00 siang. Acara diawali dengan Grand final 10 Besar lomba presenter dan dilanjutkan dengan Workshop Event Organizer dengan pemateri Bapak Khoirul Abadi, Owner Master Kreasindo Abadi, mengangkat tema Rahasia Sukses Menggelar Event.

Workshop diikuti oleh pelajar SeKota/Kab Kediri, Nganjuk, mahasiswa internal kampus dan eksternal, guru, dosen bahkan peserta umum. Ratusan peserta workhop memenuhi Auditorium IAIT Kediri, bahkan panitia menolak peserta yang daftar on the spot karena banyaknya peserta yang antusias mendaftarkan diri jauh-jauh hari sebelum acara berlangsung. (Malik)

Foto-foto Kegiatan

     
     
     
     

 

Icha Faizatur Rosyida, siswi SMA 3 Kediri

Workshop Redaksi Eksis jadi Jurnalis TV

Belajar akan lebih menyenangkan jika langsung pada sumbernya. Itulah yang dirasakan Fatih (20), Malik (19) dan Zanky (20) saat mengikuti workshop redaksi yang diadakan Trans 7 (10 – 11 April 2015) di Undip Semarang. Tim redaksi Trans7 bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro Semarang mengadakan workshop bertema ‘Workshop Redaksi Eksis jadi Jurnalis TV’.

“Sudah sejak lama kami ingin berkerja sama dengan Undip Semarang.” Tutur Titin Rosmasari Pimpinan Redaksi Trans7. Lebih lanjut Titin menjelaskan, Workshop semacam ini sekarang sudah jarang dilakukan, karena membutuhkan tim yang banyak. Mulai dari proses mencari berita hingga menyiarkannya. “Workshop ini sekarang sudah jarang dilakukan, karena butuh tim yang banyak. Maka dari itu kami berharap dapat menggaet tenaga-tenaga baru.” Lanjutnya.

Dengan membawa sekitar separuh tim Redaksi , workshop ini menekankan pada pembelajaran langsung pada mentor. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan mentor masing-masing. Selanjutnya mentor akan menjelaskan teori hingga praktik dalam dapur redaksi.
Tim dengan liputan terbaik akan mendapat hadiah berupa soufenir dan mendapat kesempatan penayangan liputan mereka di Program Redaksi Sore. Dengan metode ini diharapkan workshop dapat memaksimalkan proses pembelajaran dan penyaluran pengalaman, yang menurut Titin, merupakan lebih dari seratus tahun pengalaman para mentor jika diakumulasikan.

Titin yang dalam workshop tersebut didampingi lebih dari sepuluh produser Trans7, menjelaskan, industri TV sekarang membutuhkan tenaga-tenaga muda. Pasalnya mereka adalah sumber kreatifitas. Selain itu, anak-anak muda dianggap lebih mampu menahan tekanan kerja karena dalam menciptakan sebuah berita membutuhkan efford (usaha) yang luar biasa.

Dengan suguhan berita yang menarik, Titin berharap dapat melaksanakan idealisme media yaitu mencerdaskan dan mempersatukan bangsa. Kebutuhan berita yang menarik berbanding lurus dengan keinginan masyarakat Indonesia, dimana mayoritas masih menyukai acara hiburan.
Titin mencontohkan seperti berita kematian Olga Syahputra. Berita tersebut laris di media manapun karena memainkan emosi pemirsa. Media yang mampu membuat liputan yang berbeda dan menarik akan mendapat rating yang tinggi.

Foto Dokumentasi:

   

 
Page 1 of 11