Belajar Mandiri dari Gethuk Pisang Kediri

Mahasiswa semester 6 Fakultas Dakwah Program Studi Psikologi Islam dan Komunikasi Penyiaran Islam Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri Ahad, 08/04/2018 mengadakan kunjungan lapangan kerumah produksi Gethuk Pisang Sumber Madu Mojo Kediri bersama dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan Mentari Marwa, M.A dan didamping Ketua Prodi Psikologi Islam Wahyu Utami, M.Si.

Kunjungan lapangan dilakukan guna menimba ilmu dan pengalaman berharga kepemilik rumah produksi gethuk pisang yaitu pak Sadjiran, selama 7 tahun beliau bekerja kepada tukang gethuk lain sambil menimba ilmu bisnis gethuk pisang sampai mampu membangun rumah produksi gethuk pisang sendiri pada tahun 2010 silam.

Selama 8 tahun perjalanan bisnis beliau, tak sedikit aral merintang entah itu modal awal produksi, sampai naik turun harga bahan baku pun menjadi kisah tersendiri untuk memandirikan loyalitas harga produk. Cara menghadapai persaingan bisnis gethuk juga menjadi pengalaman menarik pak Sadjiran yang dibagikan kepada para mahasiswa. Kendala yang dihadapi tak menyulut beliau untuk menutup bisnisnya terbukti sampai sekarang gethuk pisang beliau tatap eksis di pasaran dengan merk “Sumber Madu” dan memiliki 7 karyawan, serta omset Rp. 20.000.000/bulan, bahkan kala di hari raya bisa mencapai Rp. 50.000.000.

Dalam obrolan santai, mahasiswapun melontarkan berbagai pertanyaan seputar usaha yang ditekuni pak Sadjirah, dan beliau dapat menjawab dengan baik, ada pertanyaan dari mahasiswi (Anazhiroh) “Bapak, kok gethuk pisang bapak masih eksis ya, walau sudah 8 tahun dan banyak persaingan? Apa ada kiat-kiat tertentu pak?” “Kulo mboten saget maringi ngilmu, yo sing penting telaten, kerja keras, njih telaten mbak” tutur pak Sadjiran. (saya tidak bisa memberikan ilmu, yang penting telaten, kerja keras, ya telaten mbak!). Acara kunjungan diakhiri dengan serah terima sertifikat dan photo bersama. (KangRasun)

Psikologi Islam IAI-Tribakti bekerjasama dengan LP Ma’arif NU Kota Kediri menyelengarakan Lomba dan Seminar

Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Tribakti Kediri bekerjasama dengan LP Ma’arif NU Kota Kediri menyelengarakan acara lomba mewarnai anak usia TK dan seminar Psikologi dengan tema Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus serta Penanganannya pada hari 24-25 Maret 2018.

Lomba mewarnai merupakan bagian dari pra acara seminar, kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 Maret 2018 diikuti sebanyak 25 anak dari perwakilan TK se-Kota dan Kab Kediri serta Nganjuk termasuk TK/PAUD dibawah naungan Muslimat NU. Pada saat lomba mewarnai berlangsung, orang tua dan guru yang mendampingi disediakan layanan konsultasi secara gratis dengan team P3LP yang ada di IAI-Tribakti Kediri.

Pusat Pengembangan Penelitian dan Layanan Psikologi atau P3LP sendiri didirikan sebagai pusat penelitian dan layanan psikologi membuka paket pelatihan psikologi, paket terapi dan konseling, paket psikotes, paket penyuluhan yang ditangani oleh tenaga professional bagi lembaga atau institusi atau perorangan yang membutuhkan layanan psikologi.

Pada hari berikutnya Ahad, 25 Maret 2018 seminar psikologi diselenggarakan di AULA KH. Mahrus Aly dan peserta yang hadir memenuhi ruang AULA sekitar 200 orang berasal dari mahasiswa, guru PAUD kota dan Kabupaten Kediri dan serta para orang tua siswa. Dekan Fakultas Dakwah Drs. Bustomi Mustofa, M.Pd.I menyambut dan membuka acara seminar, juga Ketua LP Ma’arif Kota Kediri Dr. Hamam, M.Pd turut hadir dan memberi sambutan pada acara seremoni pembukaan.

Nasumber yang dihadirkan Bapak Baskoro S.Psi, M.Pd.I (Pembina Yayasan Psikologi Surabaya) dan Uswatun Hasanah M.Psi (Dosen dan Psikolog IAIT Kediri). Tema yang diangkat Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus serta penanganannya dengan maksud menyikapi berbagai permasalahan maupun gangguan psikologis yang sering muncul di lingkungan sekitar anak, terutama hal-hal yang dapat menghambat perkembangan pada anak. Ujar Ketua Prodi Psikologi Wahyu Utami.

Pemateri pertama menjelaskan seputar Intelegensi, ASESMEN/ Deteksi Dini, mengukur area kecerdasan, dan pembentuk Intelegensi (HATE). Sedangkan pemateri kedua, menjelaskan anak usia dini yang berkebutuhan khusus, dan proses tumbuh kembang anak yang dimulai dari proses kehamilan sampai pertumbuhan. Selanjutnya, seminar diakhiri dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan penampilan hiburan gambus.

FORKOMNAS KPI Wilayah 1 JATIM-NTB Dalam Agenda Muskerwil Yang Ke 5 Di Universitas Nurul Jadid Probolinggo

Kediri – Setelah dilaksanakannya muswil (Musyawarah Wilayah) di kampus IAIN Jember, yang menjadi batas akhir kepemimpinan saudara Izzat Abdi (Universitas Nurul Jadid Probolinggo) sebagai Korwil forkomnas KPI Wilayah 1 Jatim-NTB dan seluruh jajaran kepengurusan periode 2017-2018,  telah disepakati hasil muswil untuk ketua selanjutya adalah sahabat ROFIQ dari Inkafa Gresik periode 2018-2019. Continue Reading

Workshop Citizen Journalism

Kediri–Radio Andika FM bekerjasama dengan BEM Fakultas Dakwah Tribakti Kediri mengadakan Workshop Citizen Journalism, hari sabtu (9/12/2017). Ratusan mahasiswa terlihat berbondong-bondong mengikuti acara yang diisi oleh CEO Andika FM, Bapak H. Rofik Huda. Continue Reading

Page 1 of 912345...Last »