Workshop Citizen Journalism

Kediri–Radio Andika FM bekerjasama dengan BEM Fakultas Dakwah Tribakti Kediri mengadakan Workshop Citizen Journalism, hari sabtu (9/12/2017). Ratusan mahasiswa terlihat berbondong-bondong mengikuti acara yang diisi oleh CEO Andika FM, Bapak H. Rofik Huda.

Tepat jam 10.00 WIB, workshop citizen journalism dimulai. Menurut salah satu peserta yang kami temui, Aris Hermansyah acara ini begitu menarik dikarenakan belum pernah diadakan sebelumnya. Selain materinya yang menarik acara ini digratiskan untuk umum. Disamping itu setiap peserta yang aktif bertanya pada sesi tanya jawab mendapatkan doorprice”

Acara yang bertempat di aula barat gedung baru IAIT kediri ini berlangsung sesuai harapan. Peserta pada akhirnya mampu mendapatkan ilmu baru dalam bidang Jurnalistik. “Alhamdulillah, Saya mendapatkan pengetahuan baru seputar penyiaran radio dan komunikasi” Ujar Abdullah mahasiswa fakultas Tarbiyah Semester 3, “semoga acara ini bisa diadakan setiap tahun karena sangat bermanfaat bagi majhasiswa guna menunjang pengalaman dan wawasan” lanjutnya.

Seminar KPI Kupas Tuntas Agenda Setting Media Massa

Kediri—Ratusan mahasiswa Institut Agama Islam Tribakti Kediri dengan semangat menghadiri
Seminar Komunkasi Penyiaran Islam yang diadakan oleh BEM Fakultas Dakwah pada
Senin (20/11) kemarin.

Seminar yang dibuka untuk umum dan bertempat di gedung Aula Tarbiyah ini menarik minat
banyak mahasiswa. Pasalnya, tema yang diangkat menyinggung teori komunikasi
massa terkait media massa. Disamping pokok bahasan seminar yang menarik,
pengisi seminar juga penuh dengan kecakapan dalam bidang media massa.

BEM Fakultas Dakwah dengan bangga mendatangkan dua praktsi jurnalistik. Pertama, seorang
praktisi muda Diskominfo Jatim. Dan kedua, praktisi senior yang pernah menjadi
Sekjen PPMI (Persatuan Pers Mahasiswa Indonesia) ke-2.

Dengan dua pemateriyang mumpuni di bidang jurnalistik dan media massa, menurut Gubernur Fakultas
Dakwah, seminar ini diadakan guna memberikan ilmu pengetahuan terkait media
massa dan karakternya serta dengan harapan mahasiswa dapat mengaplikasikan apa
yang mereka dapatkan dalam seminar tersebut.

“seminar ini tentang teori agenda setting dan framming berita media massa. Ya,
harapannya mahasiswa mengerti tentang itu. Bahwa media seringkali diintervensi
kepentingan kelompok atau individu”.

(Dari kiri) Diyak Udin S.Sos.I, Lukman Hakim S.I.Kom, M.Sos, dan Dwidjo U. Maksum

Pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan

Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Lirboyo Kediri mengadakan acara pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa semester VII Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam dan Psikologi Islam, Kamis 19 Oktober 2017. Acara pembekalan ini dihadiri Pimpinan Fakultas Dakwah dan Ketua Program Studi, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Wakil Rektor II dan perwakilan dari pihak Yayasan Al-Huda Kota Kediri.

Jumlah peserta PPL program studi Psikologi Islam ada 15 mahasiswa yang ditempatkan di SD, SDI, SMP dan SMK Al-Huda Kota Kediri.  Sedangkan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) ada 17 mahasiswa yang ditempatkan di televisi lokal Dhoho TV Kediri, BBS / BIOS TV Kediri, JTV Kediri dan Bonansa FM. Sedangkan untuk pelaksanaan PPL selama satu bulan mulai tanggal 30 oktober 2017 sampai dengan 29 Nopember 2017

Pada acara pembekalan Dekan Fakultas Dakwah,  Drs. Bustomi Mustofa, M.Pd.I menyampaikan bahwa PPL tahun ini untuk mahasiwa KPI seperti sebelumnya melaksanakan praktek lapangan di stasiun televisi dan radio, sedangkan mahasiswa Psikologi Islam tahun lalu di Sekolah Luar Biasa (SLB), tetapi tahun ini mereka tempatkan di sekolah formal sebagai guru Bimbingan Konseling (BK) di Yayasan Pendidikan Islam Al-Huda Kota Kediri. 

Setelah acara seremoni pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi PPL bagi para peserta terkait gambaran secara umum tentang teknis pelaksanaan serta laporan kegiatan PPL Fakultas Dakwah yang diisi oleh M. Arif Khoiruddin, M.Pd.I. selaku Wakil Dekan I, sedangkan para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) melakukan koordinasi ditempat yang berbeda dengan koordinator PPL.

Rangkaian pembekalan terakhir peserta menemui  DPL masing-masing untuk menentukan tanggal dan waktu survey lapangan tempat praktek, mendiskusikan hasil observasi lapangan serta menyusun program kegiatan, agenda ini harus selesai sebelum pelaksanan tanggal 30 Oktober 2017 nanti. Ujar Panitia PPL Dakwah M. Diya Udin. (humas-dakwah)

 

BEM Fakultas Dakwah adakan Diklat Jurnalistik

Kediri—Mahasiswa Fakultas Dakwah Institut Agam Islam Tribakti Kediri terlihat antusias mengikuti Diklat Jurnalistik yang diadakan BEM-FD. Meski acara dilaksanakan setelah jam kuliah, dengan cuaca yang panas, peserta tetap dengan khidmat mengikuti acara diklat jurnalistik hingga tuntas (09/10/2017).

Tepat jam 11.00 WIB, Diklat Jurnalistik dimulai. Menurut ketua pelaksana event ini M. Abdul Aziz, Diklat diadakan untuk memberikan pemahaman terkait jurnalistik kepada mahasiswa Fakultas Dakwah.

“Sebagai calon pendakwah, tentunya mahasiswa dakwah harus mampu menjadi seorang jurnalis. Karena di era modern ini setiap individu adalah jurnalis”.

Seiring sejalan dengan tujuan yang dibawa BEM Fakultas Dakwah dalam mengadakan Diklat Jurnalistik, para peserta benar-benar merasakan manfaatnya bukan saja sekedar pengetahuan. para peserta kini telah mampu mengaplikasikan teori-teori yang disampaikan dalam agenda yang telah dilaksanakan tersebut.

“Alhamdulillah, saya mengerti dan bisa sedikit mempraktekkan ilmu yang saya dapat dari diklat jurnalistik tadi”. tutur Ardianto mahasiswa KPI semester 3

Dihadiri puluhan mahasiswa, Diklat jurnalistik yung bertempat di gedung aula Tarbiyah terbilang sukses dengan pemateri Bpk Mubarok sebagai peraktisi jurnalistik pada media massa tempo, tentu mahasiswa mendapat manfaat nyata.

Mahasiswa KPI IAI-Tribakti mengikuti Emtek Goes To Campus

Mahasiswa Fakultas Dakwah IAI-Tribakti menghadiri Emtek Goes To Campus yang digelar di Kampus C Universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur, kemarin. Sejak pagi, antrean ribuan mahasiswa mengular untuk registrasi di pintu masuk. Tak hanya dari Surabaya, mahasiswa yang datang juga berasal dari luar Kota Surabaya seperti Gresik, Sidoarjo, Malang bahkan ada yang berasal dari Batam, Kediri.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Kamis (14/9/2017) para mahasiswa yang datang bisa melihat both job fair atau bursa kerja di dunia pertelevisian dan mengikuti lomba presenter dengan hadiah total puluhan juta rupiah. Para peserta juga bisa mengikuti workshop tentang dunia penyiaran dan pertelevisian.

 Acara yang bertujuan untuk meperkenalkan dunia penyiaran dan pertelevisian kepada generasi muda ini juga dimeriahkan dengan kehadiran para pemain Film Warkop DKI Reborn di antaranya Indro Warkop Tora Sudiro dan Abimana Aryasatya. Kesempatan inipun langsung dimanfaatkan oleh para peserta EGTC untuk foto bersama.

Tokoh inspiratif yang hadir juga tak kalah menarik. Dijadwalkan, salah satu bupati termuda dan berprestasi Emil Dardak (Trenggalek) dan Azwar Anas (Banyuwangi) akan menjabarkan kisah-kisah inspiratif tentang hidup dan kepemimpinannya di ajang EMTEK Goes To Campus.

Pengusaha ternama yang menjadi orang nomor satu di PT. Sido Muncul Irwan Hidayat juga akan hadir di hadapan peserta EMTEK Goes To Campus.

Keseruan lainnya yang bisa dinikmati peserta EMTEK Goes To Campus adalah hadirnya para artis peran sekaligus penyanyi dari industri hiburan. Pemeran film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 Abimana Aryasatya, Tora Sudiro, dan Indro ‘Warkop’ akan menyapa peserta EMTEK Goes To Campuss. Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Virzha juga akan menghibur peserta dengan suara merdunya. (fjr/adv)

Page 1 of 812345...Last »